PPID

GAMBARAN UMUM KEBIJAKAN PELAYANAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI PUBLIK

Sejak berlakunya Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, secara tidak langsung mendorong Bangsa Indonesia selangkah lagi lebih Maju ke depan untuk mengedepankan transparansi dan akuntabel dalam pengelolaan sumber daya publik. Sejalan dengan hal tersebut dan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah telah membuat kebijakan tentang Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di semua instansinya, tak terkecuali di Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo yang dibentuk dengan diterbitkannya Keputusan Lurah Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo Nomor 188/151/425.504.3/2024 tentang Pejabat  Pengelola  Informasi  dan  Dokumentasi Pembantu pada Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo Tahun 2024 yang mana salah satu tugasnya adalah menyediakan akses bagi masyarakat atau pemohon informasi.

GAMBARAN UMUM PELAKSANAAN PENGELOLAAN PELAYANAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI PUBLIK 

A.     Sarana Prasarana

Dalam pelaksanaan pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi publik, dibutuhkan sarana dan prasarana penunjang yang memadai. Dengan sarana dan prasarana yang memadai, kegiatan pelayanan dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, antara lain :

1.      Ruang Pelayanan                              :    1     Ruang

2.      Meubelair                                           :    1     Set

3.      Komputer                                           :    5     Unit

4.      Laptop                                                :    2     Unit

5.      Printer                                                 :   4     Unit

6.      Scanner                                              :    2     Unit

7.      Papan Informasi                                 :    1     Buah

8.      Alat Tulis Kantor                                 :    1     Set

9.      LCD                                                    :    1     Set

10.   Akun Sosial Media                             : -    FB : Kelurahan Kebonsarikulon ;

-       Whatsapp Grup RT/RW ;

-        Instagram (IG) : kelurahan_kebonsarikulon

11.   Email                                                  :    [email protected]

 

B.   Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia mutlak dibutuhkan dalam pelaksanaan pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi publik. Tanpa adanya Sumber Daya Manusia, mustahil kegiatan pelayanan dapat berjalan.Adapun Sumber Daya Manusia yang tersedia di Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo adalah sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik, dengan susunan sebagai berikut :

 

No.

Jabatan dalam PPID Pembantu

Jabatan dalam Dinas

1

2

3

1.

Atasan PPID Pelaksana

Lurah

2.

PPID Pelaksana

Sekretaris Kelurahan

3.

Bidang Pengelolaan Informasi

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kebonsari Kulon

4.

Bidang Dokumentasi dan Arsip

Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan Kebonsari Kulon

5.

Bidang Pelayanan Informasi

Kasi Pelayanan Kelurahan Kebonsari Kulon

6.

Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa

Kasi Pemerintahan Kelurahan Kebonsari Kulon

 

B.        Waktu Pelayanan Permintaan Informasi Publik

 

PPID Pelaksana Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo memberikan pelayanan permohonan informasi publik yang dilakukan setiap hari kerja:

Senin s/d Kamis            : Jam 07.30 WIB – 16.00 WIB

Jum’at                            : Jam 07.30 WIB – 13.00 WIB

Tempat Pelaksanaan    : Kantor Kelurahan Kebonsari Kulon

                                         Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo

 


LINK TERKAIT